Jumat, 06 Mei 2011

Tes AFS Tahap 1

mungkin masih banyak di antara kita yang bertanya-tanya 'apa sih AFS itu?'; 'makanan apaan tuh?'; 'nggak kenal, ah!' oleh karena itulah, tak kenal maka tak sayang, kan?! kali ini saya akan memaparkan perihal dan serba-serbi tes AFS tahap 1.

AFS (American Field Services) adalah sebuah program pertukaran pelajar yang pastinya berasal dari Amerika dan memiliki tujuan utama ke Amerika. ada tiga program, yaitu: AFS (tujuannya ke Eropa dan Amerika dengan membayar sedikit bagian dari total seluruh biaya, modelnya sih seperti sedang sekolah gitu!), YES (tujuannya ke Amerika aja, tapi kita semua biayanya dijamin gratis!), dan Jenesys (tujuannya ke Jepang, biayanya juga full beasiswa, jadi gratis se-gratis-gratisnya)

OK! kita mulai aja, ya!

1. TES IPU
mengikuti tes AFS tahap pertama tanpa belajar ternyata SALAH BESAR, SAUDARA SAUDARA!!! saya tahu karena saya telah mengalaminya sekitar seminggu yang lalu, tepatnya pada tanggal 1 Mei 2011 (hari Minggu yang cerah :P)

sulit juga mengatakannya... tapi, pertama masuk ruangan sih... rasanya kurang meyakinkan habisnya, pengawasnya paling-paling cuma  sekitar 1-2 tahun lebih tua dari kita (ya... pokoknya masih SMA-lah!). tapi, waktu soal dibagikan... JDDEEERRR...!!!! >_< bener-bener mantap, deh... soal yang pertama dibagikan adalah soal IPU. bukan hanya mengenai sejarah, geografi, matematika (meskipun sederhana), ada juga pertanyaan mengenai olahraga, tokoh-tokoh terkenal, dan berita-berita yang sedang hangat dibicarakan.

tapi, bagi Anda yang rajin baca koran, nonton TV (dalam tanda kutip 'berita', bukan sinetron ataupun yang lainnya), punya ingatan yang bagus (itu juga penting tuh!), dan sering update berita, berwawasan luas, kutu buku, dan mencermati soal-soal itu, pasti dapat menjawabnya dengan LANCAR! :)

2. TES BHS. INGGRIS
mengerjakan soal-soal BIG (bhs. Inggris) dalam AFS tanpa buka kamus adalah KESALAHAN BESAAARR!!! terutama saat mengerjakan tes 'vocabulary' kalau Anda jarang bahkan tidak pernah membaca buku-buku berbasis bahasa Inggris, saya jamin Anda akan kesulitan dalam mengerjakan tes yang satu ini. memang, sih... membuka kamus saat mengerjakan itu tidak boleh, jadi, yang saya maksud di sini adalah membuka kamus sebelum memulai tes alias 'belajar'.

tes bahasa Inggris ini dibagi menjadi 3 bagian; reading, grammar, dan vocabulary. dari ketiga ini, mungkin yang paling sulit adalah vocabulary. awalnya, saya sempat bingung juga. karena tidak ada instruksi yang jelas dan hanya ditulis satu kalimat dengan satu kata yang digaris bawahi. kalau jarang baca cerita-cerita berbasis bahasa Inggris, muungkin Anda harus berpikir sedikit lebih keras.

3. TES ESSAY
kalau Anda merasa cukup sulit dalam merangkai kata menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, sebaiknya Anda latihan dulu sebelum mengikuti tes yang satu ini. sebenarnya mudah saja... cukup menuliskan sebuah essay paling sedikit 500 kata (1 1/2 halaman folio). kita disuruh memilik 1 dari 3 topik yang telah disediakan. kemudian, tinggal tulis saja argumen Anda beserta argumen yang logis (pastinya). kemudian, berikan judul yang paling pas dengan isi dan topik yang Anda pilih. yah... pokoknya 'cuma' mengarang aja... tapi disertai dengan argumen + perasaan tertekan akan waktunya yang sangat minim (90 menit).

jadi... selamat mencoba! semoga bagi-bagi pengalaman ini dapat bermanfaat bagi Anda... :)

5 komentar:

  1. waa, makasih banget udah kasih tau betapa sangat susahnya tes AFS itu. btw, kamu lulus ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hm... lolos tahap 1. tapi nggak lolos di tahap 2. aku bukan tipe orang cerewet... jadi nggak bisa ngomong banyak. -_-

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus